Senin, 11 Juli 2016

Penjual beras penipu

Hati hati terhadap penjual beras keliling yang datang kerumah anda, waktu itu saya kena tipu sm bapak penjual berasnya :(

Di rumah, saya punya warung kecil-kecilan dan biasanya saya juga menjual beras perliter ke penduduk dekat rumah, kebetulan hari itu beras jualan saya habis dan bapak penjual beras keliling singgah di rumah saya, singkat cerita Saya masih jualan kecil-kecial jadi saya niatnya membeli beras cuma 50 liter tapi karena bapaknya memberi harga yang sangat murah yaitu cuma Rp. 5.700 jadi saya menambah lagi jadi 100 liter. Karena dikarung bapak penjual beras tadi masih ada sisanya, bapak penjual beras itu menawarkan lagi untuk mengambil semua sisanya dengan harga Rp. 5.000 perliter, Seperti yang kita tahu harga beras sekarang cukup mahal, karena tergiur saya pun mengambil lagi berasnya yang sisanya ada 65 liter.

Total beras yang saya beli 165 liter dengan rincian yang 100 liter harga Rp. 5.700 & 65 liter harga Rp. 5.000.
Saya pun bersemangat karena harga beras yang ditawarkan memang sangat murah. Sayapun membayar bapak penjual beras tersebut dengan total Rp. 895.000. Setelah saya membayar kami pun meminta nomor telepon bapak penjual berasnya supaya bisa dihubungi jika stock beras jualan di rumah saya menipis, tapi sayangnya bapak tersebut tidak memberikan nomor teleponnya dengan alasan tidak memiliki nomor telepon, akhirnya bapak penjual beras tersebut pergi. 

Kamipun memindahkan beras dari karung ke baskom untuk menjual beras tersebut, setelah dipindahkan sambil menghitung kembali jumlah beras ternyata jumlah beras tidak sesuai dengan jumlah waktu saya beli, padahal waktu saya membeli beras, saya di temani bapak saya dan adik perempuan saya untuk menghitung beras tersebut sehingga kecil kemungkinan kalau kami salah hitung, entah bagaimana caranya bapak penjual beras tersebut melakukan kecurangan, karena yang kami lihat beras tersebut full di literannya, dan literan yang dipakai pun adalah literan jualan beras kami, jumlah beras yang ada setelah kami pindahkan cuma 76 liter, sangat jauh dari hitungan yang kami beli. Niat mau untung malah kami buntung :(

Kerugian kami lumayan tinggi karena bagi 2 dari harga beras yang kami bayar, kurang lebih Rp. 482.776, semestinya uang yang saya bayar ke penjualnya dengan jumlah 76 liter cuma Rp. 412.224. Sedih tapi mau di apa lagi, daripada stress mikirin, saya doakan saja bapak penjual beras supaya segera sadar, semoga uang hasil menipunya bisa berkah di hidupnya, ini adalah pengalaman berharga, dan saya share agar tidak ada lagi orang lain yang kena tipu dengan penjual beras keliling, Tidak akan kedua kalinya beli beras keliling :(

7 komentar:

  1. Saya juga korban penipuan mba. Berasnya ngga ditimbang pakai timbangan tapi pakai takaran.. Saya bayar 2kw 30kg. Tapi waktu ditimbang sendiri ngga ada 1kw. Rugi hampir satu juta. Beras yang saya beli seharga 8500/kg

    BalasHapus
  2. Saya juga korban penipuan mba. Berasnya ngga ditimbang pakai timbangan tapi pakai takaran.. Saya bayar 2kw 30kg. Tapi waktu ditimbang sendiri ngga ada 1kw. Rugi hampir satu juta. Beras yang saya beli seharga 8500/kg

    BalasHapus
  3. Saya jga sama modusnya jga sama sprt mbk. Sya bli 300 liter tp giliran d pndahin dr karungnya cma ada 110 liter. Kta ibuku itu pake sjenis hipnotis mbk.

    BalasHapus
  4. Saya jga sama modusnya jga sama sprt mbk. Sya bli 300 liter tp giliran d pndahin dr karungnya cma ada 110 liter. Kta ibuku itu pake sjenis hipnotis mbk.

    BalasHapus
  5. Saya jg sama mba,saya beli beras sebanyak 65 liter cerita nya sama tapi beda nya saya buat konsumsi sendiri,awalnya bapak itu nawarin beras lalu saya sempat menolaknya,tapi karna si bapak bilangnya mau pulang n uda 2 hari di jakarta berasnya gk laku2 jd saya iba melihatnya,niat saya baik ingin membantu tapi ya sudahlah lanjut cerita..
    Saya bilang sama asisten rumah tangga saya untuk mengambilkan karung (karna saya niatnya hanya mau beli 20liter saja) tapi si bapak memasng muka melas,saya tambah 10 liter lagi,trus karna kasihan saya tlp teman2 saya,saya tawarin mereka beras n akhirnya pada mau jd saya beli 60liter (30 liter buat saya dan 30 liter lagi buat teman2 saya) si bapak bilang sayang nih bu sisa dikit lagi (ada 5liter) ,jadi saya bilang "ya sudah pak semua nya"
    Ketika bapak itu literin beras mata saya n si mbak asisten saya gk berpaling dari arah literan itu,saya bayar uang nya dan bapak nya pergi,begitu saya literin lagi buat pisahin punya saya n teman saya koq cuma ada 32 liter.. Saya smpai ulang2 literin berasnya.. Dari situ saya sadar klo saya baru kena tipu..
    Tapi ya sudahlah biarkan saya itung2 saya amal sama si bapak itu dan semoga si bapak nya cepet sadar klo itu salah

    BalasHapus
  6. Sya pun sama pernah tertipu sama bapak2 penjual beras keliling. Awalnya istri sy gk mau,tpi karna harga yg ditawar lebih murah jadi kami membelinya. Istri sya ikut menghitungny literan yg di pakaipun punya sy. Istri sy sampai minta dihitung dua x karna takut dicurangin.setelah dihitung semua total 120 + 8 liter. Setelah bpk itu pergi kami pun menghitung kembali.dan hanya ada 60 liter. Kami rugi satu karung beras. Entah bagaimana dia menipu sy gk ngerti. Padahal literanny munjung. Sy doakan semoga rezeki yg dia dapat dengan cara menipu bisa berkah seumur hidupnya.

    BalasHapus
  7. Ikhlaskan saja., saya tinggal di area antang kemarin juga tertipu, modusnya sama persis., total 128 liter yg saya bayar tapi setelah di liter ulang hanya 58 liter saja..😀

    BalasHapus